PEMBAGIAN TUGAS DAN WEWENANG

DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI 

Dosen Pembimbing Skripsi

  1. Menginput data perkembangan mahasiswa bimbingan skripsinya pada Buku Pembimbingan Skripsi. Buku Pembimbingan Skripsi untuk memantau perkembangan penyusunan skripsi dari tanggal persetujuan judul.
  2. Memandu mahasiswa agar dapat menyelesaikan skripsinya dengan jangka waktu 6 bulan sejak tanggal pengesahan judul dan pembimbingan dari ketua jurusan yang tertulis pada form A.1b. Apabila belum terselesaikan dosen pembimbing skripsi menyarankan mahasiswa mengajukan surat penambahan waktu selama 2 bulan kepada ketua jurusan, yang disetujui dan ditandatanganinya. Lama skripsi yang terlampaui dari 6 bulan dan penambahan waktu 2 bulan, maka topik penelitian menjadi tidak berlaku dan mahasiswa skrispi wajib mengajukan topik penelitian baru.
  3. Menyusun dan mengumumkan jadwal pembimbingan per minggu.
  4. Memberi arahan/bimbingan tentang: teknik penulisan sesuai dengan format Unila; metodelogi dan materi keilmuan yang relevan dengan tujuan kajian dalam skripsi; penyusunan bahan seminar usul dan hasil penelitian; penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  5. Maksimum 7 hari untuk setiap satu periode pemeriksaan skripsi yang tercatat dalam buku konsultasi skripsi.
  6. Memberi informasi tentang literatur.
  7. Mengambil keputusan jika terjadi ketidaksepakatan dalam proses pembimbingan antara pembimbing utama dan pembimbing pembantu dengan kewenangan pada pembimbing utama.
  8. Menegur mahasiswa yang melalaikan tugas penyusunan.
  9. Melaporkan kepada ketua jurusan atau dosen PA tentang mahasiswa yang telah melanggar peraturan dalam penyusunan skripsi.
  10. Menyetujui permohonan ujian bagi mahasiswa bimbingannya jika skripsi telah dianggap layak uji.
  11. Dosen pembimbing utama yang mempunyai jabatan akademik dan pengalaman keilmuan yang lebih tinggi daripada pembimbingan pembantu, maka pembimbing uatama wajib membimbing pembimbing pembantu dalam proses pembimbingan.
  12. Menguji skripsi.
  13. Menyelesaikan administrasi ujian skripsi.
Skip to toolbar