Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Lampung kembali akan menggelar kuliah umum. Kali ini menghadirkan Duta Besar RI untuk Kroasia Komjen Pol (Purn) Sjachroedin Zainal Pagaralam, Kamis 14 September 2017 pukul 09.00 di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Lampung.

Sjachroedin ZP sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernur Lampung, kemudian menjadi Dubes RI untuk Kroasia pada Maret 2017 lalu. Tokoh penerima Bintang Bhakti Tri Dharma Pratama dari Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PKBPP) baru-baru ini, akan berbicara tentang kerja sama Indonesia – Kroasia, peluang dan tantangan.

Ketua Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Lampung Aman Toto Dwijono menjelaskan bahwa kerja sama dengan Kroasia sudah dimulai sejak tahun 1992. Bentuk kerja sama Indonesia-Kroasia yang sudah terjalin adalah pada bidang ekonomi, pertahanan, dan pendidikan. “Kroasia adalah mitra penting buat Indonesia, perlu ada kajian secara khusus potensi dan peluang pengembangan kerjasama tersebut,” jelasnya di ruang kerjanya, Selasa (12 September 2017).

Kunjungan diplomatik kedua negara memperlihatkan hubungan Indonesia dan Kroasia yang semakin erat. Salah satunya ditunjukkan dengan kunjungan Menteri Pertahanan Kroasia ke Indonesia dalam membicarakan kerja sama bidang pertahanan tahun 2015 lalu. Kunjungan tersebut menandakan semakin eratnya hubungan kedua negara.

Aman Toto menilai dalam hal tersebut, juga membutuhkan peran pemerintah daerah. “Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia patut sinergi dengan kebijakan luar negeri Indonesia,” urainya. Dari kuliah ini juga diharapkan dapat mengetahui prospek Lampung terhadap peluang kerja sama Indonesia-Kroasia.

Kuliah yang akan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Lampung ini, juga dihadiri oleh Bappeda Lampung, Balitbangda Lampung, Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Biro Kerjasama Luar Negeri Provinsi Lampung, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung. Dari pihak internal kuliah umum yang dimoderatori Dekan FISIP Unila Syarief Makhya ini dihadiri pimpinan dekanat seluruh fakultas, dosen, dan mahasiswa. (dwh)

Skip to toolbar