PANDUAN PENYUSUNAN SKRIPSI

MAHASISWA HI FISIP-UNILA

 

Seminar Skripsi

    1. Mahasiswa skripsi yang telah mendapat persetujuan seminar 1 dari komisi pembimbing (form A.4) menghadap ketua jurusan untuk mendapatkan nama dosen pembahas yang ditulis pada form A.4.
    2. Menghadap dosen pembahas untuk meminta kesediaan menjadi dosen pembahas. Apabila dosen pembahas berkenan, mahasiswa meminta kepastian jadwal Seminar 1. Selanjutnya melakukan konfirmasi kesepakatan waktu seminar kepada komisi pembimbing. Apabila calon dosen pembahas tidak menyetujui menjadi pembahas, maka mahasiswa menyampaikan kepada ketua jurusan, untuk diberikan nama dosen pembahas baru dan prosedur berulang lagi.
    3. Selanjutnya berdasarkan jadwal seminar 1 yang sudah disepakati dosen pembahas dan komisi pembimbing, mengisi data dan jadwal seminar usul penelitian pada Buku Registrasi Seminar Usul di jurusan.
    4. Mahasiswa skripsi menetapkan mahasiswa pembahas I dan II. Pada seminar 1, mahasiswa pembahas sudah pernah melalui menjadi penyaji pada seminar usul penelitian. Pada seminar 2, mahasiswa pembahas sudah pernah melalui menjadi penyaji seminar hasil penelitian. Mahasiswa pembahas I dan II serta moderator, namanya diajukan oleh mahasiswa skripsi kepada ketua jurusan dan tertulis pada surat tugas.
    5. Menyusun surat tugas yang menuliskan masing-masing nama komisi pembimbing, dosen pembahas, mahasiswa pembahas dan moderator, yang ditandatangani ketua jurusan.
    6. Menyerahkan draft usul penelitian, form saran perbaikan, dan surat tugas kepada komisi pembimbing , dosen pembahas, dan mahasiswa pembahas paling lambat 3 hari sebelum seminar berlangsung.
    7. Menyusun form nilai, berita acara, dan daftar hadir seminar, serta menyiapkan slide presentasi.
    8. Seminar 1 dan 2 dilaksanakan selama paling sedikit 60 menit; 15 menit untuk persentasi, 15 menit pertanyaan, masukan, dan saran dari peserta, 15 menit untuk pembahas, dan 15 menit untuk pembimbing. Alokasi waktu tersebut disampaikan pada awal pembukaan seminar dan diarahkan pada pelaksanaannya oleh moderator.
    9. Mahasiswa penyaji mengenakan pakaian resmi berupa jas hitam bagi laki-laki dan blazer hitam bagi perempuan, serta bawahan menyesuaikan (juga berlaku di seminar 2).
    10. Mahasiswa pembahas dan moderator mengenakan pakaian berkerah dan jas almamater (juga berlaku di seminar 2).
    11. Pada seminar 1:
  1. Moderator membuka seminar, menjelaskan tata urutan seminar, dan alokasi waktu bagi masing-masing peserta (juga berlaku di seminar 2).
  2. Moderator menuliskan saran perbaikan pada berita acara selama pelaksanaan seminar berlangsung (juga berlaku di seminar 2).
  3. Mahasiswa penyaji menyampaikan persentasi lebih kurang 15 menit, mengenai latar belakang, masalah, tujuan, kegunaan, teori dan/atau konsep, serta metode penelitian. Selain itu menjawab pertanyaan dan menerima saran perbaikan draft usul skripsi dari mahasiswa dan dosen pembahas, serta komisi pembimbing.
  4. Mahasiswa peserta seminar, mahasiswa pembahas mengajukan pertanyaan dan memberikan saran kurang lebih 15 menit. Poin saran dituliskan pada form Saran Perbaikan (juga berlaku di seminar 2)
    1. Setelah seminar 1 selesai, mahasiswa menghadap ketua jurusan agar menandatangani berita acara dan daftar hadir seminar usul penelitian, serta menyerahkan fotocopy berita acara dan daftar hadir seminar usul penelitian kepada staf administrasi, dan menerima kembali berkas asli form nilai dari staf administrasi.
    2. Melanjutkan bimbingan perbaikan usul penelitian kepada komisi pembimbing dan dosen pembahas, hingga mencapai tahapan seminar hasil.
    3. Mahasiswa skripsi yang telah mendapat persetujuan seminar 2 dari komisi pembimbing (bukti Form A.4) sekaligus meminta kepastian jadwal seminar 2 kepada komisi pembimbing dan pembahas.
    4. Mendaftar seminar hasil penelitian kepada staf administrasi jurusan dan menunjukkan Form A.4, serta menuliskan data dan jadwal seminar pada Buku Registrasi Seminar Hasil Penelitian.
    5. Membuat surat tugas seminar hasil penelitian yang dinomori staf administrasi dan ditandatangani ketua jurusan, mengcopy untuk komisi pembimbing, dosen pembahas, mahasiswa pembahas dan jurusan.
    6. Menyerahkan draft hasil, surat tugas seminar, dan form saran perbaikan kepada komisi pembimbing, dosen pembahas, dan mahasiswa pembahas paling lambat 3 hari sebelum seminar berlangsung.
    7. Menyusun form nilai, berita acara, daftar hadir, dan menyiapkan slide presentasi.
    8. Pada seminar 2, menyampaikan persentasi lebih kurang 15 menit, mengenai latar belakang, masalah, tujuan, kegunaan, teori dan/atau konsep, metode penelitian, hasil data, pembahasan, serta kesimpulan dan saran. Selain itu menjawab pertanyaan dan menerima saran perbaikan dari dosen pembahas, mahasiswa pembahas dan komisi pembimbing.
    9. Setelah seminar 2, menghadap ketua jurusan agar menandatangani berita acara dan daftar hadir seminar, menyerahkan fotocopy berkas tersebut kepada staf administrasi dan menerima berkas asli form nilai. Mahasiswa wajib mengarsipkan secara pribadi semua berkas asli seminar 2 dan form Saran Perbaikan Seminar.
    10. Melanjutkan bimbingan perbaikan hasil penelitian kepada komisi pembimbing dan dosen pembahas, hingga mencapai tahapan ujian skripsi.
Skip to toolbar