Selamat datang untuk para mahasiswa baru Hubungan Internasional 2017/2018.

Di negara ini hampir semua anak dapat merasakan serunya duduk di bangku sekolah dasar, namun tak banyak yang dapat merasakan duduk di bangku perguruan tinggi. Maka kalian yang beruntung, bersyukurlah! Kamu boleh bahagia akan status barumu sebagai mahasiswa, tapi kamu juga tidak boleh terlarut dalam kebahagiaan yang terlalu lama. Tidak! Aku tidak melarangmu untuk bahagia, kamu boleh bahagia tapi jangan berlebihan.

Kamu adalah calon intelektual, itulah yang di katakan salah seorang dosen pada aku, ketika aku menjalani tes wawancara. Jadilah mahasiswa yang membawa perubahan, seorang yang tak ragu untuk menyampaikan pendapat. Jadilah mahasiswa kebanggaan kampus, bukan bangga dengan nama kampus.

Dosen yang sama, mengatakan: akan ada tiga hal yang harus kita pertanggungjawabkan ketika lulus nanti. Tanggung jawab kepada orang tua, tanggung jawab kepada gelar yang kita dapat, dan yang paling penting adalah poin ketiga- tanggungjawab kepada masyarakat.

Sekali lagi selamat, ya.. Pesanku, rekanmu yang juga seorang Maba. Jadilah mahasiswa yang memang benar mahasiswa, bukan hanya seorang yang menyandang status mahasiswa.

Salam, mahasiswa!

Skip to toolbar