PANDUAN PENYUSUNAN SKRIPSI

MAHASISWA HI FISIP-UNILA

 

Pengajuan Topik Skripsi

 

    1. Mahasiswa telah lulus mata kuliah minimum 100 Satuan Kredit Semester (SKS). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 2,00. Lulus mata kuliah Metodelogi Penelitian Sosial, Metode Penelitian Kualitatif, dan Metode Penelitian Kuantitatif.
    2. Konsultasi mengenai rencana topik penelitian kepada dosen pembimbing akademik menjelang masa penyusunan skripsi, setidaknya minimal satu bulan sebelum pendaftaran pembimbingan skripsi.
    3. Mahasiswa secara mandiri membangun 5 rancangan usulan topik masalah atau judul skripsi dan uraiannya pada masing-masing lembar format Rencana Pengajuan Topik dan Outline Skripsi (form A.2). Kemudian, mencetak/print seluruh (5 lembar) form A.2 yang telah terisi.
    4. Mahasiswa menemui dosen PA, memaparkan secara rinci keseluruhan isi dari setiap rancangan outline topik skripsi yang tertera pada form A.2.
    5. Bersama dosen PA menetapkan skala prioritas dari setiap outline topik skripsi yang dinyatakan layak daftar, dengan mempertimbangkan signifikansi dan visibilitas topik masalah atau judul skripsi untuk diteliti, serta minat mahasiswa.
    6. Mempersiapkan fotocopy struk SPP, print out KRS dan Transkrip Akademik terakhir.
    7. Mahasiswa mengisi, menandatangani dan mencetak form Surat Keterangan PA (form A.1a), Form Pendaftaran Topik Skripsi (form A.1b), 5 lembar rencana outline (form A.2) yang sudah melalui proses konsultasi/revisi dengan dosen PA.
    8. Menemui Dosen PA, menunjukkan fotocopy struk SPP, print out KRS dan transkrip akademik terakhir.
    9. Apabila berkas pendaftaran dan outline skripsi memenuhi persyaratan, mahasiswa meminta agar Dosen PA menandatangani KRS, form A.1a, A.1b, dan A.2. Selanjutnya menghadap Wakil Dekan I agar menandatangani lembar KRS dan Transkrip Akademik, serta meminta cap stempel fakultas.
    10. Menyerahkan berkas pendaftaran yaitu yang tersebut pada nomor 7 – 9 dalam map berwarna hijau kepada Koordinator Topik Skripsi (verifikator 2) pada jadwal hari verifikasi 2, agar meverifikasi dan menandatangani form A.1b.
    11. Menyerahkan berkas yang sudah diverifikasi oleh verifikator 2 kepada Sekretaris Jurusan (verifikator 1) sesuai dengan jadwal hari verifikasi 1, untuk diverifikasi, ditandatangani dan mendapat nama calon komisi pembimbing.
    12. Jika berkas diterima, menghadap ketua jurusan untuk menetapkan tanggal persetujuan judul dan persetujuan pembimbing skripsi pada form A.1b, menandatangani form A.1b. Jika berkas belum sesuai, maka diperbaiki terlebih dahulu sesuai ketentuan.
    13. Membuat form Pengesahan Komisi Pembimbing (A.3). Jika ada 2 pembimbing (utama dan pembantu), maka dibuat form A.3a dan A.3b. Mahasiswa menandatangani form A.3.
    14. Menghadap calon komisi pembimbing skripsi menyampaikan pemberitahuan sebagai pembimbing dan menyerahkan form A.3 untuk ditandatangani. Kemudian menghadap ketua jurusan agar A.3 ditandatangani.
    15. Menunjukkan berkas A.1a, A.1b, A.2 dan A.3 kepada staf administrasi, mendaftarkan topik skripsi, dan mengisi Buku Registrasi Skripsi kecuali nomor pendaftaran.
    16. Menerima Buku Konsultasi Skripsi (form A.4), semua berkas pendaftaran topik skripsi dan tas penyimpanan berkas dari staf administrasi. Berkas asli yang diarsipkan tidak boleh hilang.
    17. Proses pengajuan topik selesai dan mahasiswa dapat melakukan proses bimbingan skripsi.
Skip to toolbar