Ridho Rakhman adalah Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional 2015 yang mengikuti Study Exchange ke China dalam program Education High School and Elementary AISEC Unila pada 15 Januari s/d 15 Februari 2017.

Selama sebulan, Ridho sharing ilmu dengan anak-anak SD dan SMA di Tianjin dan Hebei.

Suasana sharing budaya dengan anak SD di Tianjin

Ridho belajar mengenai budaya-budaya China lalu anak-anak SD, SMA juga belajar budaya-budaya Indonesia. Selain itu Ridho berkesempatan mengelilingi tempat-tempat bersejarah seperti Great Wall dan Forbiden City.

Bersama murid SMA di Hebei

Ridho menambahkan banyak pengalaman yang di dapatkan di sana mulai dari bagaimana memanajemen diri sendiri, lebih mandiri, open minded dalam segala hal.  Pengalaman tinggal di rumah penduduk China juga dirasakan olehnya.

“Hal yang paling unik pada saat tahun baru China/Imlek. Disana saya membantu host family menghias rumah dengan dekorasi semua berwarna merah yang dipercaya dapat mengusir hal hal jahat. Kemudian saya juga ikut membantu memberi makanan ke kuil kuil saat ibadah Imlek dan menjelang malam, ramai sekali  bunyi-bunyian petasan dan asapnya baru hilang saat 2 hari berikutnya”kata Ridho.

“Semoga bisa mengikuti program pertukaran pelajar lainnya dan bisa mengubah mindset anak-anak lainnnya kalau ikut pertukaran pelajar itu tidak susah”kata Ridho.(Michell)

Skip to toolbar