Mahasiswa HI 2014 (Fitri Fatharani) atau yang akrab dipanggil Oni mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Aisec pada Global Youth Ambassador di LC Xi’an Jiatong- Liverpool University, Suzhou “Youre not alone” pada Januari-Februari 2015 di Mainland of China.

Dalam kegiatannya, Oni bersama dua orang mahasiswa Bahrain dan Malaysia melakukan proyeknya di Ailee Austictic Childcare, Suzhou dengan memberikan materi dan mengarahkan adik-adik ketika olahraga dan terapi. “Kalau buat terapi karena kita bukan ahlinya jadi disana jadi asisten gitu, nah waktu Sport Session kita yang buat materinya dan bisa diisi dengan seni-seni juga” Ujar Oni.

Oni mengakui banyak pelajaran dalam mengikuti kegiatan ini, mulai dari memberi materi kepada anak-anak dengan pendekatan yang halus, ramah, dan ekstra sabar untuk bisa dekat, sampai dengan bertemu orang-orang yang memiliki berbagai macam latar belakang.

Diakhir proyek, Oni dan kawan-kawan menampilikan budaya dari masing-masing negara peserta dan Oni pun menampilkan Sinanggar Tulo dengan menggunakan batik solo.

Selain kegiatan mengabdi, disetiap akhir pekan para peserta program diajak untuk berkeliling ke beberapa tempat budaya di MoC. Seperti ke makam dr. Sun Yat Sen, monumen-monumen perjuangan, tempat pengerajin sutra dan lain sebagainya.

Dalam paparannya Oni mengakui bahwa  mengikuti student exchange adalah impiannya yang telah terpenuhi dan  sebagai bekal besar dalam hidupnya.

Oni berharap, bahwa perjalanan yang sudah ia lakukan dapat menjadi bekalnya untuk menjadi diplomat dimasa mendatang. (Citra)

Skip to toolbar