Bandarlampung, Lampungnews.com – Inovasi dan kreativitas harus dimiliki oleh para pelaku perekonomian dalam kompetisi Masyarakat ASEAN 2025. Sebab, tantangan yang akan menghadang juga dari luar ASEAN.

“Inovasi dan kreatifitas dari masing-masing masyrakat dalam meningkatkan kompetisi yang mendorong majunya perekonomian Indonesia,” kata Sekretaris Direktorat Jendral Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Ashariyadi, kemarin.

Ashariyadi menjelaskan, tantangan masyarakat Indonesia saat ini adalah konektivitas dan ketimpangan antarnegara di dunia. Kemudian terdapat ujian dalam kekompakkan ASEAN itu sendiri yakni pengaruh dari negara-negara di luar ASEAN yang ingin memmperluas ekonominya.

“Saat ini daya saing Indonesia cukup meningkat walaupun masih dibawah Singapura dan Thailand tetapi untuk selanjutnya akan terus meingkat” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, solusi yang ditawarkan oleh Kementrian Luar Negeri yakni dengan rencana kerja sama BAPENAS. “Terutama dalam perencanaannya agar bisa diperkuat, memperluas pemahaman masyarakat terhadap ASEAN,” katanya. (Michella)

Repost: http://lampungnews.com/2017/04/hadapi-tantangan-masyarakat-asean-2025-inovasi-dan-kreativitas-wajib-dimiliki-pelaku-perekonomian/

Skip to toolbar